Fungsi Sel Darah Merah Yang Wajib Diketahui

Fungsi Sel Darah Merah Yang Wajib Diketahui

Laprivatizacionmata –┬áSahabat harus tahu bahwa oksigen dalam darah akan diangkut oleh eritrosit yang tersebar ke seluruh tubuh manusia, dimana tubuh manusia adalah pabrik terbaiknya. Ini karena mekanismenya sangat kompleks.

Oleh karena itu, kami akan mengulas informasi tentang bagaimana eritrosit ini akan mengangkut oksigen di dalam darah, karena darah merah yang mengandung hemoglobin atau (Hb) dapat berperan sebagai media pengangkut oksigen di dalam darah.

Yuk, kita akan memberikan penjelasan lengkap tentang bagaimana oksigen dalam darah akan diangkut oleh eritrosit dan juga fungsi sel darah merah dan fungsi eritrosit.

Dari sumber buku berjudul Rangkuman Soal Materi dan IPA Kelas VIII SMP Kurikulum 2013, perlu diketahui bahwa darah tersusun atas eritrosit, trombosit, plasma darah dan leukosit. Banyak proses yang dilalui oksigen sebelum mencapai eritrosit.

Karena oksigen dalam darah akan dibawa oleh eritrosit ini, maka prosesnya dimulai dengan menghirup oksigen melalui hidung, kemudian melalui tenggorokan, kemudian masuk ke paru-paru. Oksigen akan melewati beberapa cabang yang bertujuan untuk mencapai alveoli.

Oksigen yang terdapat dalam alveoli juga dapat terikat pada ikatan hemoglobin yang terdapat dalam eritrosit atau sel darah merah yang berbentuk oksihemoglobin. Kemudian sel darah merah akan menuju ke arteri yang dapat menyalurkan oksigen ke sel-sel yang ada di seluruh tubuh manusia.

Fungsi Sel Darah Merah

Setelah mengetahui apakah oksigen dalam darah akan diangkut oleh eritrosit, kita juga perlu mengetahui apa fungsi sel darah merah dalam tubuh kita, meskipun kita tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang, demikian temuan para ilmuwan. Adapun fungsi sel darah merah sebagai berikut :

  • Sel darah merah memiliki fungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh manusia.
  • Sel darah merah juga dapat mengangkut karbon dioksida, yang merupakan produk limbah metabolisme tubuh manusia, ke paru-paru.
  • Ada invertebrata yang merupakan pigmen pembawa oksigen yang diangkut dalam plasma, sehingga oksigen dalam tubuh manusia bersama dengan karbon dioksida ditukar menjadi gas.
  • Lalu ada sel darah merah mamalia yang bisa beradaptasi dengan kekurangan nukleus, seperti berapa banyak oksigen yang dibutuhkan sel untuk metabolisme.
  • Maka inilah jawabannya: oksigen dalam darah akan diangkut oleh eritrosit dalam tubuh. Sangat penting untuk memperhatikan kadar oksigen dalam tubuh kita.
  • Penting bagi kesehatan manusia karena masuknya zat-zat yang ada di seluruh tubuh seperti oksigen, gula dan hormon.
  • Terakhir, sel darah merah juga dapat menghilangkan limbah yang ada di dalam sel tubuh manusia.

Anda juga harus tahu bahwa kadar oksigen atau kadar oksigen normal adalah antara 95-100%. Penjelasannya adalah jika saturasi oksigen 95-100%, maka kadar oksigennya bagus.

Jadi, jika kadar oksigen 93-94%, bisa dikatakan kadar oksigennya menurun, sehingga pasien harus meningkatkan kadar oksigennya dalam beberapa langkah.

Kemudian, saturasi oksigen di bawah 92%, seperti kadar oksigen yang sangat rendah, sehingga korban harus berobat ke rumah sakit demi kesehatannya. Terakhir, jika di bawah 80%, kadar oksigen dikatakan sangat rendah, sehingga pasien membutuhkan mesin pernapasan atau disebut ventilator.

Kemudian, Anda harus tahu bahwa sel darah merah disebut juga eritrosit, yang memiliki fungsi mengangkut oksigen ke paru-paru dan juga ke seluruh jaringan tubuh. Eritrosit atau sel darah merah mengandung hemoglobin dan juga dapat diproduksi di sumsum tulang.

Jadi, jika jumlah sel darah merah terlalu tinggi atau terlalu rendah, itu menandakan adanya gangguan kesehatan pada tubuh pasien. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan di rumah sakit agar tidak menemui masalah yang lebih serius.

Perlu anda ketahui juga bahwa di dalam darah terdapat komponen yaitu trombosit yaitu sel darah yang berperan penting dalam melakukan proses pembekuan darah saat terjadi luka, sehingga darah dapat berhenti mengalir keluar.

Sumber:

Berita Riau